Tentang Impian ke 47!

Kamis, 19 Februari 2015.

Kamis itu, hujan rintik udah turun dari pagi. Kalau menurut orang-orang, justru wajar hari itu hujan, karena berhubungan dengan hari imlek. Gue udah pasrah ajalah, hari ini acara yang disusun bakal dilanjut apa nggak, soalnya hujan. Kalau hujan begini, Bapake udah malas biasanya untuk ke luar.

Tapi, nyatanya, gue udah disuruh bangun pagi-pagi. Sholat, mandi, siap-siap. Ternyata, rencana kami buat ke Institut Pertanian Bogor (IPB) tetap akan dilanjutkan! Yeay! Gue senang banget nih, karena emang gue belum pernah berkunjung ke kampus impian itu. Gue ke sana juga hanya untuk liat jalan, kata Bapake, ini penting banget, biar nanti pas hari Sabtu (yang mana IPB bakal adain Open House IPB 2015), nggak pake nyasar kesananya.

Rencananya, berangkat dari rumah jam setengah enam. Ya, rencana hanya tinggal rencana yaa, yang bisa aja berubah. Kami berempat (gue, mama, bapake, sama kakak perempuan gue) berangkat ke IPB jam enam lewat lima belas menit. Jalanan lancaaar banget, dan udara sejuk banget. Masuk tol Bogor, gue udah terkagum-kagum liat pemandangannya. Habis keluar dari tol, gue juga senang abis liat jejeran ruko-rukonya. Oke, emang sih, banyak ruko-ruko pinggiran jalan yang banyak coretan, persis kayak di sini, Tangerang. Tapi, entah kenapa, gue demen aja liatnya. Ruko-rukonya dominan diisi sama yang jual oleh-oleh kayak, Brownies Talas, dll. Jalanannya juga enak aja gitu, rasanya. Saking kagumnya, gue pun buka kaca mobil dan membiarkan udara Kota Bogor bergabung di dalam mobil kami.

Di jalan, Bapake pun nanya sama orang sekitar, di mana sih, arah untuk ke Kampus IPB itu. Dengan baik hati, warga sekitar pun memberitahu. Gak pakai lama juga, akhirnya, gue bisa liat tuh kampus dari pinggir jalan. Yang pertama gue liat itu sih, GWW (Graha Widya Wisuda). Yah, setau gue, itu tempat MPKMB Mahasiswa baru juga tempat wisudanya Mahasiswa/i IPB. Entah ya, gue deg-degan banget pas liat tuh gedung. Deg-degan pengin liat dalamnya kayak apa sih. Apakah sesuai harapan gue atau nggak. Untuk menutupi ke deg-degan gue (halaah, apaan sih, hahaha) gue nge-cek ponsel aja padahal mah, nggak ada notif apa-apa. Sementara, kakak gue asik sama kamera nikonnya, jepret sana-sini dah heboh bilang, 'tuh, gerbang masuknya! Mau difotoin gak, tulisan sama lambangnya?' Saat itu, jam sudah menunjukkan pukul delapan pagi.

Gue sih, cuma angguk-angguk aja, mau bangett! Lumayan tuk dokumentasi. Pas mobil mau masuk ke wilayah Kampus IPB, ada security yang nyapa. Bapake bilang, 'Pak, bolehkan, liat-liat di dalam? Anak saya pengin liat kampusnya.'

'Oh, boleh banget, Pak. Nanti langsung belok kanan, ya.'

Mobil pun melaju dengan sangat pelan. Oke, gue makin deg-degan. Ibu gue bilang, 'tuh dek, mau turun gak? Liat-liat dulu.'

'Nanti aja, Ma. Muter-muter dulu,' balas gue sambil nempelin wajah ke kaca jendela. Eh nggak ding, kaca jendelanya kan udah gue buka. Hahaha...

Nggak lama habis ngomong itu, gue langsung liat ada koin gedee banget dengan lambang IPB! Sumpaaaahh... ini kan yang biasanya gue liat di google kalau gue search Institut Pertanian Bogor. Hhhhh... gue pengin banget foto di sana! Akhirnya, gue minta diturunin dan gue sama kakak langsung turun. Sayangnya, saat itu hujan rintik-rintik jadinya jalanan licin gitu. Bapak sama Ibu gue bilang, mau cari makanan dulu di dekat GWW. Okelaaah... Ini saatnya gue rasain aura-aura positif yang dipancarin sama koin IPB itu!

Kata orang bijak, kalau kita punya impian dan kita menantang impian kita itu, artinya kita memberikan peluang agar impian itu dapat terwujud! So, sekarang gue mau nantang impian gue untuk bisa kuliah di sini! Di Institut Pertanian Bogor!

Oke, oke, koin IPB nya emang indah banget, yakan~ Hehehe.

Habis itu, gue juga foto di tempat apa ya namanya. Gue lupa nama tempatnya, ahahaha...

Betapa bahagianya gue... Hahaha


Oke, nggak usah dilihat orang yang pakai kerudung itu, karena sama sekali nggak 'oke'. Hahaha.. Ah ya, gue ingat, ini kalau ga salah, rumahnya tumbuhan gitu. Iya,... Kalau nggak salah, ya....

Eh, habis foto-foto gitu, hujan mulai deres. Gue ama kakak langsung lari-lari cantik gitu nyusurin tangga. Soalnya nggak jauh dari Koin IPB, ada gedung yang gak asing lagi buat gue. Yap, itu GWW! Kita berdua menikmati bangetlah suasana di sana. Dingin, sepi, hening... Eh, walau hujan, tapi foto-foto sih, tetep! ^0^

So far, gue senang bangetlah di sini. Langsung ngerasa cucok gitu sama tempatnya. Pun, jaraknya nggak jauh sama rumah, seenggaknya ortu pun nanti bisa mantau kalau gue nanti beneran jodoh sama kampus ini.

Di depan GWW, lagi-lagi sepi. Yaudah, gue foto-foto aja disini. Sambil berdoa, gue nanti bisa ngerasain wisuda di gedung ini. Aamiin...

Habis itu, gue sama kakak gue di telepon Bapake, katanya mereka ada di belakang gedung GWW. Oke! Eh, pas udah muter-muter gak jelas di gedung, gue jadi bingung -_- Belakang GWW? Di mananya?! -_- Yang ada cuma parkiran mobil doang, eh akhirnya... Bapake pun suruh kita berdua nunggu di depan GWW dan nanti disamperin. Nggak lama, anak-anak beruang yang kedinginan pun berhasil menemukan induknya bapaknya! :"D 

Skip. Skip.
Habis kelar ngaso-ngaso gitu, lanjutlah kita berempat muter-muter di wilayah IPB. Liat fakultas-fakultas yang ada di sana. Wiiih, jauh-jauh, ya jalannya. Habis itu, juga beneran kayak hutan hahaha... Akhirnya, ketemu juga sama Departemen yang jadi incaran gue. Nggak lupa doong, foto di depan sana. Kali ini, fotonya sama Bapake nih.
Di depan Fakultas Ekologi Manusia
Habis itu, lanjut muter-muter lagi. Lewatin Fakultas Kehutanan, Pertanian, Ekonomi, Ilmu Kelautan, Kedokteran Hewan. Peternakan, MIPA, Ilmu Komputer, yah.. cuma segitu yang gue paling ingat. Udah muter-muter kayak gitu, ternyata Bapake nggak tau jalan keluarnya dimana. Hahaha.. akhirnya kita muter-muter terus bermodalkan penunjuk jalan yang ada di sudut-sudut belokan gitu. Buset yaa, udah 3x kita lewat lagi di depan gedung GWW! Hahaha...

Pokoknya, jam sembilan lewat dikit, kita berempat udah keluar dari Wilayah IPB. Habis itu, dilanjut sama jalan-jalan di kota hujan itu. Sepanjang jalan, karena mulai macet di Baranangsia, gue akhirnya terlelap secara gak sadar, hahaha. Ah ya, lupa, tadi gue tuh datang ke Kampus IPB yang ada di Dramaga, ya. :) Karena ada juga Kampus IPB yang di Padjajaran. Daaan, perjalanan pulang pun sekitar pukul empat sore, habis ibu gue selesai cari tas di Tajur.

Ah yaaa, ini ada bonus foto untuk kalian yang berminat masuk ke Kampus Rakyat ini! :) 

Gerbang masuk Bogor Agricultural University

Sehabis dari kampus itu, ya, gue mulai punya banyak foto-foto yang bisa gue pajang di kamar. Yang akan selalu ingatin gue tentang impian ke..... keberapa, yaa *bentar, cek dulu* ke 47 yang gue tulis di kertas. Yaitu, melanjutkan kuliah di Fakultas FEMA, Institut Pertanian Bogor. Mungkin orang-orang yang liat kertas impian gue bakal ketawa, pun gue menertawakan impian-impian yang gue tulis, kok! Karena gue ngerasa itu terlalu tinggi. Ya, terus kenapa kalau impian gue itu tinggi-tinggi? Impian itu... mau tinggi atau sederhana, pasti harus ada aksi yang dilakukan untuk mewujudkannya. Kan, kalau kata Soekarno ya, "Bermimpilah setinggi langit, karena ketika kau terjatuh kau akan jatuh dihamparan bintang-bintang." Wetss.. Mantep gak, tuh? :p

Percaya deh, kalau impian kalian teramat besar, kalian bakal punya semangat yang LEBIH BESAR pula untuk merealisasikannya! Mungkin di awal, akan BANYAK SEKALI orang yang menertawakan, memandang rendah diri kalian, mencemooh dengan kata-kata yang bikin sakit hati selama tujuh hari tujuh malam. Tapi, saat kalian berhasil menaklukan impian itu, kalian liat balik orang-orang yang dulu sempat merendahkan kalian. Jangan jadi angkuh saat impian kalian terwujud, tapi sadarkan mereka yang pernah merendahkan kalian itu, kalau impian seperti apa pun bisa direalisasikan kalau kalian emang punya semangat dan tekad yang kuat!

Gue atau pun kalian, pasti pernah nih, ngalamin kayak gini. Saat kalian lagi ngumpul ama temen-temen, ngobrolin impian-impian kalian, terus dengan semangat kalian jabarin apa impian kalian, mulai dari impian kalian apa, langkah-langkah biar itu terealisasikan seperti apa, terus kapan kira-kira impian itu jadi nyata, eh tiba-tiba, salah satu dari mereka nyeletuk. 'Ngimpi loo'.

Duh, nyess...

Atau, 'gilaaa. Itu mah susah banget kali. Yang realistis napa...'

Atau lagi, 'lo mau masuk sana? Maap yaaaa maaap banget, tapi kan saingannya banyak. Kalau di liat dari ranking, maap banget lagii yaaa, 20 besar di kelas pun lo gak masuk, kan?' Terus bola matanya kayak khawatir, cemas, dan kayak peduli gitu.

Aaaataaauu lagi, 'oh lo mau masuk sana? Jurusan apa? Iya, sih, gue juga mau ke sana. Tapi, nilai gue nih, cuma segini.' Terus, gue liat rapotnya, dan... ajigile... nilainya, Bro. Betapa otak kirinya amat mendukung nilai-nilai di rapot itu.

Kalau kayak gitu, gue paling cuma nelen ludah, natap dengan kagum. 'Segitu udah bagus tau. Jangan sedih. Coba deh, lo liat lagi ke bawah, masih banyak lho orang-orang yang nilainya lebih jelek dari lo. Coba liat gue.' Habis itu, gue nyengir. Hahahaha... gue mau ketawa dulu buat diri sendiri. Habis, gue ini tampaknya hanya seonggok daging yang menyusun impian-impian yang terkesannya tuh, nggak realistis abis! Nggak ngaca dulu lah, kalau boleh dibilang mah. Nggak liat dulu, 'emangnya lo siapa'. Hehehehe =")

Pernah juga nggak sih, lo ketemu orang yang... punya impian yang amat keren! Saat dia menyampaikan apa impiannya, dia sampaikan itu dengan semangat, berapi-api, seolah-olah di dalam pikirannya, impiannya itu benar-benar sudah terwujud, lalu dia nanya impian kita apa. Oke, kita pun mulai cerita. Untuk di awal, dia kayak kagum juga dengarnya. Tapi, gak lama, dia udah mulai bosan dan ngecek ponsel, atau kalau ada temennya yang lagi lewat, dia nyapa temennya itu. Sementara lo... lo masih ngoceh! Duh, habis itu lo diem karena lo ngerasa nggak dihargai. Eh nggak lama lagi, dia nanya 'iya, jadi tadi gimana?' Terus, dia ngeliatin lo. Dan, karena lo orangnya baik, lo ngomong lagi, kali ini bagian yang penting-penting dan simple aja yang lo sampein. Eh, dia responnya biasa banget dan ngasih komentar yang standar. 'Oh, gitu... Iya, kalau gue sih, impiannya kayak gitu, nih ya, impian itu tuh udah gue pikirkan sejak sebulan yang lalu.... bla bla bla'.

Jadi, ngomong-ngomong soal impian, akhir-akhir ini gue sering banget galau nggak jelas. Dikit-dikit lemes, dikit-dikit semangat lagi, dikit-dikit lesu lagi, dikit-dikit senyum lagi gegara liat foto gue pas di IPB. Hahahaha... Oke, jangan ditiru ya, karena ini amat berbahaya!

Dan, mungkin impian ke 47 gue ini terlampau tinggi. Untuk sekarang, gue nggak mau mikirin dulu deh seberapa susahnya persaingan di jurusan yang gue incer itu. Yang paling penting dan utama, harus fokus untuk belajar! Biarlah, untuk saat-saat ini, banyak waktu bermain yang tersita, karena memang kan, untuk mendapatkan sesuatu harus ada yang dikorbankan.

Nah, sekian aja postingan di malam ini, gue mau menutupnya dengan kata-kata yang amat bijak yang gue kutip dari salahsatu pepatah.

"Ilmu pengetahuan itu tidak akan memberikan sebagian dirinya kepadamu sampai engkau memberikan seluruh dirimu kepadanya."

Tangerang, 13 Maret 2015.
Salam semangat tuk wujudkan impian,
Dyah Apriliani K.



















Komentar

Postingan populer dari blog ini

[REVIEW BUKU-SHOOTING STAR BY VERONICA GABRIELLA]

[REVIEW] NOVEL MR AND MRS WRITER BY ACHI TM

RESENSI FANTASTEEN SCARY-HALTE ANGKER- BY DYAH APRILIANI