24 Hari Keluar Dari Zona Nyaman

Tangerang, 6 Juli 2015.

Baru dua malam gue menghirup udara kamar yang selama 24 hari gue tinggalin. Ingat, 24 hari, bukan 24 jam. Baunya ngangenin, dinding kamar yang dicat dengan dua warna (biru dan kuning) rasanya bikin gue jadi orang asing di kamar ini. Ya ampun, gue udah kayak setahun aja ninggalin kamar. Begitu banyak barang yang gue kangenin (Aih, terutama laptop!), dan juga banyak banget perubahan di sekitar lingkungan rumah selama gue pergi. 24 hari itu bukan waktu yang singkat ya, itu lah yang ada dipikiran gue waktu gue mengambil keputusan kalau gue bakal keluar dari zona nyaman. Tapi, ketika 24 hari itu terlewati, gue merasa, itu waktu yang teramat singkat. Mungkin, karena dalam 24 hari itu banyak hal keren dan menyenangkan yang gue alami.

Singkat cerita, semua bermula ketika gue memutuskan untuk ke luar kota demi mengikuti persiapan Ujian Talenta Mandiri IPB (UTMI 2015) di Bogor. Gue berangkat ke Bogor tanggal 10 Juni 2015, ngekost bareng Mella Sarah di Dramaga, Bogor. Jangan tanya kayak apa kostannya. Kostannya sederhana, tapi yang penting aman. Dan, jalanan menuju kostan gak usah ditanya juga ya, sumpah, gue sedih ceritainnya. Jalannya penuh lika-liku perjuangan. Btw, gue suka mau ketawa sendiri kalau inget kok gue bisa bareng sama Mella. Singkatnya (singkat mulu tapi pasti ujung-ujungnya panjang-_-), gue kenal dia pas tahun 2012. Pada tahun itu, Penerbit Mizan akan mengadakan Gathering Akbar, bintang tamunya ada Umay dan Amel Carla. Gue masih inget banget, waktu itu ada yang ngeinbox gue di facebook dan nanya-nanya tentang gathering itu. Oke, namanya Mella, (tapi sebenernya gue manggil dia Melsah-_-), dia dari Bengkulu, baru naik ke kelas 1 SMA, masih jomblo dan suka menulis juga. Kita kenalan deh tuh, karena kabarnya dia bakalan datang juga. Dari situ, kami mulai sms-an, ngobrolin tentang nulis, artis korea, SM*SH, dsb. Dan, saat kami ketemu, kami langsung akrab. Yaudah deh, bermula dari situ, kami udah gak pernah ketemuan, tapi ya sering komunikasi lewat facebook dan sms. Sampai akhirnya, dia menerbitkan buku solonya di DAR! Mizan di serial Pink Berry Club. Lalu, semesta sepertinya ingin mempertemukan kami lagi. Kami ketemu lagi di acara yang diadakan oleh editor DAR! Mizan, di IIBF, Senayan, bulan November 2014. Setelah itu, kami ketemu lagi untuk yang ke tiga kalinya (Ketemuannya juga karena janjian sih, hahaha). Kali ini, Bogor menjadi saksi bisu tempat kami bertemu. Kami bertemu di acara @GCFC_IPB,  buat ikutan try out SBMPTN, di kampus IPB. Dari acara itu, kami berdua dapat potongan voucher untuk les persiapan ikut Ujian Talenta Mandiri IPB di @Katalisipb. Jadilah, kami berdua ngekost di kamar yang sama dan jadi roomate yang... sama-sama resek. Huahahaha.




Lanjut deh sampai ke bagian gue masuk ke kelas UTM 4. Di jadwal yang udah dibagiin, UTM 4 itu akan diisi oleh anak-anak bernama: Aris, Dyah, Erlita, Ghariza, Nabila, Rizki. Sebelum les dimulai, kita memang ada meet n greet dulu sama peserta les. Jadi, seengaknya saling kenal. Dan, diawal perkenalan, Nabila belum ada. Jadilah, kita sekelas baru berlima. Komentar pertama gue buat UTM 4, "ternyata nggak seburuk yang gue kira." Segala kekhawatiran gue untuk susah beradaptasi atau nggak punya temen langsung lenyap. Lambat laun, kita berlima mulai sering ngobrol, ngata-ngatain, tapi sebenernya saling peduli...... *eaaaak*.

Kalau nggak salah, setelah 5 hari les, Nabila akhirnya muncul juga. Wokeh! Kelas kita jadi genap berenam. Gue kenal Nabila karena waktu itu dia belom dapet kostan. Jadi, di Katalis ini emang banyak anak-anak dari luar kota bahkan daerah, yang punya tujuan yang sama. Wih, keren deh, pokoknya! Karena Nabila lagi nyari-nyari kostan (dan sumpah, ribet tapi seru juga sih, wkwkwk) gue jadi akrab ama tuh anak. Mana akhirnya dia ngekost di tempat yang sama dengan gue dan Melsah. Cuma beda dua pintu aja, di deretan yang sama pula. Karena deketan, kita sahur dan buka puasa bareng, ah ya, belajar juga bareng. Seru deh pokoknya, nambah temen baru. Btw, Nabila datang dari Bekasi. Iya..... jauh banget, ya. Udah, nggak usah dibahas betapa jauhnya Bekasi. Dari planet pluto masih lurus lagi, kalau udah ketemu belokan, baru belok ke kanan. Jauh, kan?

Kelas jadi makin rame, makin seru, makin akrab. Karena kita disini emang buat nyari ilmu, teman, dan pengalaman. Sori aje ye, kalau ada orang di dunia ini yang pemikirannya tuh sempit, kayak kalau udah punya satu atau dua atau tiga atau empat temen terus ngerasa cukup dan gak perlu siapa-siapa lagi, habis itu bersikap gak sopan dan jutek ke orang lain dan bahkan sampai memusuhi atau cari masalah, orang kayak gitu mending ke laut aja, jadi santapan hiu dan zoo plankton. Biar agak sedikit bermanfaat hidupnya.

Habis, ada seseorang, *eaa* sebut saja X. Gue heran sama dia, karena dia selalu nggak suka dengan kehadiran orang baru. Terlebih, kalau orang baru itu jadi pusat perhatian dan melebihi kemampuan si X. Uuuh, siap-siap aja, jadi orang yang nggak dianggap di kelas/lingkungan gegara ulah si X yang menghasut orang-orang di sekitarnya untuk gak nemenin orang baru itu.

Sayangnya, UTM 4 isinya bukan anak-anak seperti itu. Kita tampil apa adanya (itu menurut penglihatan gue). Kita semua nggak perlu berpura-pura jadi orang lain untuk dapat diterima disini, kita cuma cukup tampil dengan segala keunikan dan keistimewaan yang kita miliki. Karena keunikan yang kita bawa inilah, yang ngebuat adanya perbedaan di kelas, jadinya kelas pun nggak ngebosenin. Perbedaan itu indah, kalau boleh gue bilang.

Ki-Ka (atas): Rizki, Aris, Nabila. Ki-Ka (bawah): Erlita, Ghariza, Dyah.



Gue benar-benar harus bersyukur banget, dipertemukan oleh teman-teman kayak kalian. Dikelilingi oleh orang-orang baik *eaaa eaaa*. Semoga kita bisa ketemu lagi ya, di bulan September dengan almet warna biru itu! Aamiin.

Ah, gue mau ceritain dikit tentang mereka, dimulai dari....

1) Erlita.
 Wah, pas awal ketemu sih ya, gue liat Erlita main hp terus. Kalau ditanya, jawabnya seadanya (yaiyalah, emang mau dijawab kayak gimana lagi?). Terus, di hari pertama les, gue ketemu dia di alfamart. Dan, kita berangkat bareng deh ke Katalis. Ternyata anaknya seru. Eh, makin kesini, makin deket, makin resek ternyata... *atau gue yang resek? HAHAHAHA*. Pinter beud di kelas, toplah, kesayangan guru mata pelajaran..... *sensor* haha. Suka gangguin gue *iyuwh, kepedean*, kalau diledekin atau apa, pasti mukanya langsung merah. Gak nyelo anaknya kalau lagi pelajaran fisika, nanya mulu. Pas di hari-hari terakhir les, dia mulai menyebalkan dan sok-sok bikin gue marah dan akhirnya bilang, "ih, Dyah mah jangan marah dong. Kan, cuma bercanda." Hahaha, selo Erlita, gue kan udah kebal :"). Gue juga sering bikin dia kesel sih, wkwkwk. Maaf udah bikin sholat ashar lu batal gegara keimutan gue :"""") *langsung ditimpuk pakai kacang sukro*.

2) Ghariza.
Ampun, sebenernya gue nggak tega buat ngomong ini. Tapi, Ghar... ternyata, badanmu akan selalu kecil. Lucu, unik beud. Pas awal ketemu juga gue ragu, kira-kira gue bisa akrab gak ya sama dia. Takutnya kalau gue temenan ama dia, nanti dikira gajah sama semut sekarang udah akur dan bersahabat lagi. Tapi, ternyata, Ghariza ini.... anaknya cuek. Iya, cuek sama gue. Sering mengabaikan gue, padahal gue selalu ada di sisinya. *Eaaa* Baik dong dia, sering pinjemin gue penghapus disaat penghapus gue udah tinggal potongan kecil. Tapi, jadi manggil gue, "Lay.... Alay" gegara ketularan Melsah yang memanggil gue "Alay". Sering banget bikin gue sakit hati *idiih, lebay ah lo, Dy*, tapi... kalau Ghariza udah pinjemin gue penghapus, gue udah melupakan segala hal pedih yang lo lakuin ke gue kok, Ghar :") Muucih, ya.... Tetaplah jadi Ghariza yang imut!

3) Nabila.
Iye, nih anak udah masuknya telat, ternyata comel juga. Kita udah bahas soal sampai mana, Nabila baru sampai mana. Hahahaha, lucu sih, unik. Jadi ada hiburan juga. Dia adalah partner pencari serat bersama gue! Hahaha, kalau beli buah atau sayur, sering banget patungan berdua. Selalu bilang gue susah bangun kalau sahur, tapi saat gue bangunin dia sahur dia hanya bilang, "yee itu juga cuma berapa kali lu bangun duluan." Sakit hati adek, Bang.... Koplak anaknya. Ketawa mulu kita, ada aje hal yang dibahas. Yang paling koplak tuh kejadian pas... gue manjat pagar kostan yang tinggi sama Nabila. Waktu itu emang sempet pulang telat, dan pagar kostan udah digembok. Gak nanggung-nanggung, gemboknya ada tiga coy -_- karena kita penghuni baru yang lalai membaca peraturan jam malam, akhirnya kita manjat pagar berujung lancip itu. Udah deh, keknya sih kita gak ada bakat jadi maling atau penyusup. Sakit ngets, pas ketusuk ujung pager yang lancip. Pokoknya, itu kejadian unforgettable banget deh, sama Nabila. Kapok sih, habis pagarnya tinggi. Hahahaha. Antara hidup dan mati itu pertaruhannya. *Lebaay ah lebaay*. Aih, Nab, kalau gue pikir-pikir, keren juga ya kita waktu manjat itu. Berani melawan rasa takut demi bisa tidur di kasur.

Bonus foto deh buat Prof. drs. Nabila, yang lagi menerangkan materi tentang C.I.N.T.A:


4) Rizki.
Ini anak... demennya pake jaket. Ternyata anak teater yang pas udah kelas 12, nggak boleh ikut teater lagi karena disuruh fokus sekolah. Hahaha. Suka main sisir dilapisin plastik, dan tara.... akhirnya jadi alat musik! Dan ah ya, maaf ya Ki, waktu itu gue sempet menjuluki lu sebagai Dora, karena lu nanya mulu, kayak misalnya, "lu kenal gak, sepupu gue di Tangerang, namanya ini, bla bla bla..." (masih inget gak omongan lo yang itu?) Hahaha. Kalau ngomong, nyunda pisan. Sok ngerasa ganteng, tapi yah, yaudahlah ya, kalau bukan diri sendiri yang memuji, lalu siapa lagi? Ya gak, Ki? wkwkwk. Sering di bully, tapi juga sering ngebully orang. Dan, ini yang paling penting! Ternyata... lobang idung lo emang kayak goa, Ki. Sori, gue baru menyadari itu. Hahaha. Bahkan, keknya lebih gedean lobang idung lo dibanding goa belanda. 

5) Aris.
Sering datang telat dengan alasan, "rumah gue jauh...", banyak omong, sering dikacangin, sering di-krik-in, LINE nya cuma di read sama Erlita, wakakakak. Yang pasti sih, Aris ini kalau ngomong suka dikacangin *plak* wkwkwk, ampun qhakha. Kalau ngomong juga kadang sunda gitu. Eh ternyata, dia punya tanggal lahir yang sama kayak gue. Okelah~ dunia memang sempit. Sering godain Erlita, eh terus nanti godain Ghariza. Duh, Ris, usaha lo boleh juga. Wkwkwk. Dan, hanya Aris dan Rizki-lah yang nggak ngekost. Huuu~ asiknya, terbebas dari homesick.

6) Dyah.
Paling im03tz, ucul, baik, peduli sesama teman, suka menolong dan membantu orang yang kesusahan. Paling nggak bisa disakitin, paling rentan kalau dilukai. *eaaak eaaak alay*. Selalu tegar walau dikata-katai oleh mereka berlima yang telah disebut namanya diatas. Walaupun dibilang nggak punya perasaan, sebenarnya dialah yang paling peduli pada teman-teman seperjuangannya. *Eaaah, hahaha*. Rela tersakiti asal teman-temannya bahagia. Dan, punya golongan darah O, sementara lima teman sekelasnya kompakan, ternyata mereka semua ber-gol-dar A! Hadeeeh, gue merasa berbeda di kelas ini.

Walau berbeda, tapi durenlah yang menyatukan kami. *Eaaak*. Ternyata, semua anak di kelas ini demen duren! Asik!

Oke, tulisan di atas masih banyak kekurangan, hahaha. Smoga berkenan, dan itu hanya dari sudut pandang gue aja. Tapi, asli, gak nyesel gue kenal mereka. Unik, karena kelas kita adalah SoBul! Solid walaupun sering Bully! *apaseh apaseeh wkwk*. Karena di kelas ini, nggak ada satu anak pun yang terlewat untuk dibercandain. Barang siapa yang melempar ledekan pada temannya, pasti akan dibalas dengan ledekan lagi. Jadi, berhati-hatilah! HAHAHA.

24 hari gue jadi lebih berwarna. Dan yang pasti, kita tetap harus jadi sohib!

Banyak hal yang gue dapatin dari 24 hari ini. Mulai dari belajar mandiri, ketemu orang-orang beraneka sifat, mengerti arti berjuang, dll. Frends, kita harus ketemu lagi. Smoga Bogor menjadi lokasi yang mau menampung pertemuan kita dan menjadi saksi atas persahabatan kita.

24 hari keluar dari zona nyaman, gue menyebutnya seperti itu. Karena dari 24 hari ini, gue mengalami hidup yang gak datar. Gue keluar dari rutinitas di rumah yang itu-itu aja, sampai akhirnya gue punya cerita yang bisa gue ceritain ke orangtua. Setelah 24 hari itu, gue makin yakin, kalau di belahan bumi ini, masih ada orang baik yang bakal jadi temen lo. Jangan takut kehabisan temen atau nggak punya temen. Selama lo mau membuka diri untuk orang lain, lo akan memilikinya.

Frends, perjuangan kita nggak akan pernah berhenti. Kita harus tetap berjuang sampai akhir. Senang bisa mengenal kalian, gue gakan berhenti bilang, kalau gue pengin kita ketemu lagi di Bogor. Pakai almet biru dongker itu.

Walau dulu gue sering ngerasa pengin pulang ke Tangerang, tapi saat di sini, gue jadi pengin balik lagi ke sana. Haaah, apa kalian semua masih inget awal kita ketemu? Sampai akhirnya bisa jadi kayak gini?

Buka Bersama Bareng Kak Elysa.

Ahay, cewek-cewek UTM 4!

Minus Aris, nih.

Kalau kata Rizki (btw, lu nitip kata-kata ini buat dimasukin ke blog, kan? hahaha), "Kenyataan memang terkadang pahit." Ntah, apa korelasi kata-kata itu dengan tulisan dan foto sebelumnya. Hahaha. Yang penting udah gue masukin ya. Atau, mungkin maksud kata-kata itu, kenyataan harus berpisah memang terkadang pahit. Eaaa... nyambung gak, sih? Kalau mau manis mah... gue ya, sirup.

Terimakasih juga buat kawan-kawan lainnya, UTM 1-7, yang keren! Semoga kita bertemu lagi. Tetap rendah hati, yow~ :)

Hellooo, UTM 4, atau UTM lainnya, yang baca postingan ini, pada kangen gak sama masa-masa merantau/les di sini? Yow, tinggalkan jejak di kolom komentar! ;)


Salam,

Dyah Apriliani K.

(Tulisan ini dibuat tanggal 6 Juli 2015 jam setengah 11 malam, tapi berhubung nulisnya disambi main internet, jadi ya baru bisa ke upload pukul setengah satu). *info penting*



Komentar

Postingan populer dari blog ini

[REVIEW BUKU-SHOOTING STAR BY VERONICA GABRIELLA]

[REVIEW] NOVEL MR AND MRS WRITER BY ACHI TM

RESENSI FANTASTEEN SCARY-HALTE ANGKER- BY DYAH APRILIANI